15 Maret 2008

Cerdas Kelolah Sampah

hello BUMIZER (para pecinta bumi)...
aku pengin berbagi tips ama kalian, tips ini berguna banget buat kita untuk menjagain bumi biar tetap dingin. Kalian semua pasti tahu tentang 'SAMPAH', kita adalah salah satu 'pencipta' sampah, nah supaya 'ciptaan' kita tidak membahayakan bumi dan menambah panas bumi, maka apa sih sebenarnya yang harus kita lakukan:


REDUCE (menGuraNgi)
mulailah mengurangi atau berhemat dalam pemakaian barang
mengurangi dan berhemat yang dimaksud disini adalah, kita ini tanpa disadari sebagai orang yang 'boros' dalam penggunaan barang. Kalian tahu tidak, KERTAS, kertas itu terbuat dari pohon, nah semakin banyak kertas yang kita gunakan, semakin banyak pula pohon-pohon yang ditebang. Bisa bayangin tidak, pohon-pohon itu semakin lama semakin sedikit jumlahnya. Padahal, fungsi pohon tersebut berguna banget bagi bumi kita, yaitu sebagai 'PAYUNG BUMI', pohon yang bisa buat bumi kita tetap dingin. Nah kalian udah tahu kan, makanya gunakan kertas sehemat mungkin. Kalo perlu tidak menggunakan kertas.

REUSE (mEmAkAI KEmBAli)
pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali, bukan yang sekali buang
Kadang kita tidak sering menggunakan kertas hanya halaman depannya saja, nah kalau itu bukan merupakan hal penting, maka biasakan gunakan kertas bolak-balik, kalian tentunya lebih hemat juga kan? Selain itu, tanpa kalian sadari, kalian termasuk orang yang cinta bumi. Lakukan hal kecil dari diri kita sendiri.

RECYCLE (MenDAuR uLaNG)
gunakan daya kreasi kamu dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi menjadi barang yang berguna
nah banyak banget kan barang-barang yang dapat kita daur ulang, contohnya: kertas dan plastik. Buat kalian-kalian yang mempunyai daya kreasi tinggi, gunakan buat mengolah barang-barang tersebut. Selain itu bisa mengurangi jumlah bekas pakainya, juga bisa menambah uang saku kita, bahkan bisa dijadiin usaha buat kita dengan mendaur ulang barang. Kalian bisa ciptain kerajinan tangan dengan berbagai macam bentuk, tergantung dari kreasi kalian. Ide yang bagus bukan?

REPLACE (MeNGGanTi)
gantilah barang sekali pakai dengan yang tahan lama
Kalo bicara mengenai replace (mengganti) mungkin kita berpikir, apa ya yang harus kita ganti? barang apa yang harus kita ganti? Kamu tahu tidak, jawabannya adalah lampu. Lampu dirumah-rumah kalian itu sebaiknya diganti dengan lampu hemat energi. Kalau bisa jangan gunanakan lampu jenis DOP (bola lampu warna kuning), karena lampu DOP ini membutuhkan energi yang besar banget dibanding dengan lampu hemat energi. Selain itu daya tahan lampu ini lebih pendek dibanding dengan lampu hemat energi. Buruan, kalian-kalian yang masih menggunakan lampu jenis DOP segera ganti dengan lampu hemat energi, selain lebih terang, daya tahan lebih lama dan yang penting hemat energi juga.

Tidak ada komentar: