17 April 2008

Finding The 5th "RE"


Pikiran ku melayang kemana-mana, aku ga tahu harus mulai dari mana.
Pemikiran itu bermula ketika aku bertemu dengan salah seorang dosen muda di kampus ku yang sepertinya dia merupakan salah seorang manusia di bumi yang masih cinta dan peduli kepada bumi.
Berawal dari sebuah perbincangan kecil mengenai pendapat "BLOG"ku ini, ketika aku meminta saran dan kritik dari pak "H", respon pak "H" menurutku sangat membangun untuk masukkan buat blog ku ini, salah satu nya mengenai judul blog ku "cerdas kelolah sampah", disana aku memaparkan 4 cara efektif yang ada sekarang yang dapat dilakukan untuk mengelolah sampah, setahu ku dari berbagai sumber yang kudapat hanya 4 cara tersebut yang ada, yaitu REDUCE (mengurangi), REUSE (memakai kembali), RECYCLE (mendaur ulang), REPLACE (mengganti). Malahan sebenarnya RE ke 4 yaitu REPLACE masih baru-baru ini di'gaung'kan menjadi cara efektif kelolah sampah yang berawalan dengan 'RE'. Tapi setelah pembahasan singkat kami mengenai 4 RE, beliau mengemukakan pendapatnya bahwa, sebenar nya ada lagi RE yang ke 5... Dari situ lah awal diriku untuk lebih berpikir lagi menemukan RE yang ke 5... Berdasarkan pemikiran seperti ini: "Sebuah barang sebenarnya bisa dikurangi, di pakai kembali, di daur ulang, atau diganti. Tapi bagaimana jika barang tersebut ternyata tidak bisa dikurangi pemakaiannya, dipakai kembali, didaur ulang, atau diganti..." nah ada jawabannya. Yaitu RE ke 5 jawabannya.
Semoga aku cepat menemukan RE yang ke 5. Aku percaya bahwa RE yang ke 5 juga merupakan cara yang efektif untuk mengelolah sampah, dan benar-benar berdampak untuk menurunkan suhu bumi kita ini.

Ayo BUMIZER (para pecinta bumi)... bantu aku menemukan RE yang ke 5, kalian dapat langsung menulis jawabannya pada kolom chat box (PESAN UNTUK BUMIKU) yang ada di bagian samping kanan halaman blog ini. Tetap semangat bahwa hari esok tetap ada, dan bumi kita tetap bertahan...

Tidak ada komentar: