17 April 2008

Apakah Benar Suhu Bumi Kita Dapat Turun???


Apakah benar suhu bumi kita ini dapat turun??
Sebenarnya pertanyaan tersebut merupakan bagian dari bincang-bincang kecil dengan salah seorang dosen muda di kampusku yang merupakan salah satu manusia yang masih cinta dan peduli dengan bumi kita.

Bagaimana jika manusia di bumi ini bertambah banyak? kebutuhan manusia bertambah banyak? Akankah bumi kita ini tetap mampu memenuhinya... Apakah bumi kita ini tetap sanggup menampung banyak nya manusia di bumi? Berapa lagi jumlah yang dapat ditampung bumi kita, berapa jumlah seluruh populasi manusia di bumi sekarang? Semua itu merupakan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang timbul pada perbincangan kami.

Jika jumlah manusia di bumi ini bertambah banyak, maka secara tidak langsung berdampak pada pemenuhan kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia akan meningkat secara tajam, kebutuhan pokok (pangan, sandang, dan papan). Semua kebutuhan manusia semua itu bersumber dari bumi. Dan akankah bumi kita tetap hijau setelah kita manusia-manusia menguras habis apa yang ada di bumi.

Ini hanya pemikiran sederhana, jika memang manusia bertambah banyak, maka seharusnya perlu dipikirkan untuk kedepannya. Apakah manusia hanya bisa tinggal di bumi saja, bagaimana kalau tinggal di atas bumi (luar angkasa) atau di dalam bumi (laut), karena sudah jelas bahwa daratan semakin lama semakin penuh sesak dan tidak dapat menampung semua manusia. Apabila masih ingin tetap berada di daratan, mungkin pembangunan rumah-rumah sekarang harus menjulang tinggi. Dan itu sangat menghemat lahan yang digunakan. Berapa banyak pohon yang dihemat untuk cagak pondasi sementara ketika pembangunan rumah, berapa banyak besi yang dihemat untuk pagar tiap rumah, berapa banyak genteng yang dihemat untuk tiap rumah, dan masih banyak lagi penghematan yang ada. Penghematan itu sangat berdampak bagi kelestarian bumi. Dengan itu kita tidak harus mengorbankan alam.

Semua hal yang kita lakukan merupakan hal-hal yang mengorbankan bumi. Akankah suhu bumi dapat turun jika kita mengorbankan bumi?
Ini dapat menjadi suatu refleksi bagi manusia-manusia yang masih cinta dan peduli kepada bumi. Apakah kita suah berbuat yang terbaik untuk diri kita, terlebih untuk alam lingkungan kita.
Tetap semangat manatap hari esok yang lebih baik.

1 komentar:

CitraCitra mengatakan...

ehm...
aku terinspirasi sm film the day after tomorrow nech...
apa jadinya kalo suatu saat bumi kita jadi gitu, dan apakah suatu saat nanti bumi kita akan begitu?
sebenernya banyak cara yang bisa kitalakukan, tapi ya itu, Indonesia ya Indonesia...
aku sebenernya juga pengen banget mewujudkan Indonesia layaknya negar Jepang yag nggak pernah malu untuk jalan kaki kemanapun...
ada tanggapan nggak cara ngatasi manusia Indonesia yang menurutku "LIAR"???